Sunday, November 05, 2006

I LOVE JOOMLA Open Source CMS (edisi belajar part 1)

Selama ini kalo saya mau buat web site, saya buat desainnya pake adobe photoshop plus flash untuk desain grafis dan animasi. Ditambah dreamweaver untuk kode php dan html-nya. Databasenya diatur dan dibuat sendiri pake mysql dan web servernya pake apache. Bagian rumitnya kalo sudah mulai 'ngacak-ngacak' database-nya. Wuiihh...bikin pening kepala. Harus detail tiap karakternya.

And then...

Yuhuuuu... ada mainan baru. Joomla Open Source CMS Free Software. Free Software yang bisa dipake buat men-desain web. Pasti kebanyakan sudah tahu, bahkan sudah pernah install untuk beragam keperluan. Entah untuk pribadi atau untuk komersil. Tapi bagi saya, ini pertama kalinya saya meng-install-nya di kompie. Sebenarnya sudah kenal sama yang namanya Joomla kurang lebih setahun kemaren, Cuma malas saja mempelajarinya,hehehe.

Pertama sih, saya coba install Mambo (sama saja dgn joomla, cuma sekarang dah pisah perusahaan developer). Coba 2-3 kali, eh selalu gagal. Di step 2 menuju step 3 selalu muncul pesan error :

SQL=Invalid default value for 'rating_sum':

- - - - - - - - - -

# Table structure for table `tbl_content_rating`

CREATE TABLE `tbl_content_rating` (

`content_id` int(11) NOT NULL default '0',

`rating_sum` int(11) unsigned NOT NULL default '',

`rating_count` int(11) unsigned NOT NULL default '0',

`lastip` varchar(50) NOT NULL default '',

PRIMARY KEY (`content_id`)

) TYPE=MyISAM

= = = = = = = = = =

SQL=Specified key was too long; max key length is 1000 bytes:

- - - - - - - - - -

# Table structure for table `tbl_core_acl_aro`

CREATE TABLE `tbl_core_acl_aro` (

`aro_id` int(11) NOT NULL auto_increment,

`section_value` varchar(240) NOT NULL default '0',

`value` varchar(240) NOT NULL default '',

`order_value` int(11) NOT NULL default '0',

`name` varchar(255) NOT NULL default '',

`hidden` int(11) NOT NULL default '0',

PRIMARY KEY (`aro_id`),

UNIQUE KEY `section_value_value_aro` (`section_value`,`value`),

UNIQUE KEY `tbl_gacl_section_value_value_aro` (`section_value`,`value`),

KEY `hidden_aro` (`hidden`),

KEY `tbl_gacl_hidden_aro` (`hidden`)

) TYPE=MyISAM

= = = = = = = = = =

Pfiuuhh.... sudah coba ngutak-atik mysql-nya, eh ga dapat juga solusinya. Akhirnya nyerah juga. Langsung pinjam CD Joomla versi 1.0.7 (belum sempat download versi barunya, malah sekarang kalo ga salah sudah ada versi 1.5 beta) yang dah diburning hasil download dari situsnya waktu Warnet Justice Net masih ada.

Pertama kali install, langsung berhasil. AlhamduliLlah.

Mulailah proses kenalan –ta’aruf- dengan semua komponen fitur-fiturnya. Sempat bingung membedakan section sama category, serta component dan modul (coz di sistem lain ex : PHPNuke, Post nuke dll semuanya disebut modul). Muncul lagi deh sifat sok tahunya,hehehe. Try and Error saja. Alhamdulillah, setelah sholat ashar, dah bisa ngebedain sedikit fitur yang tadi. Baca dari buku serta artikel yang mbak nuni posting di webnya (makasih mbak, mudah-mudahan posting-nya ga terpaksa coz ilo desak-desak terus minta diajari, hehehe).

Alhamdulillah lagi, sampe malam sekitar pukul 21-an, saya sudah kenal dengan ‘Menu Items’ bagian ‘Site (Konfigurasi Global, Mengelola bahasa, Media Manager, Preview, Statistik, Tempelate manager, Trash Manager dan User manager)’, “Administrasi Menu (Mengelola Menu dan User Menu)” serta “Mengelola Content (Menambah, mengedit section dan category, serta artikel dan news)’

Selama belajar, ada satu hal yang selalu saya lakukan, yang kadang buat teman-teman di madzcom cuma geleng-geleng kepala doang. Tiap kali paham suatu masalah atau berhasil mengeksekusi suatu perintah (misal berhasil membuat section ato category baru). Pasti saya selalu teriak ‘YESS!!!’ ‘ALHAMDULILLAH, TERIMA KASIH YA ALLAH’ ato ‘I LOVE YOU!’. Habis itu dilanjutkan dengan dengar nasyidnya seismic –adalah engkau- (deuuu... romantis amat ya,hehehe). Ada sejarahnya kenapa harus nasyid ini yang jadi pilihan :)

Sekitar pukul setengah sepuluh, baru tukaran sama teman. Coz dia mau lanjut kerja ‘profil interaktif kodya pare-pare’. Beranjak dari depan kompieuntuk, istirahat baru terasa ternyata perutku lapar (kaciaaan....). Ternyata belum makan seharian bro, cuma sempat minum 2 gelas jus orange. Capek, tapi kupaksakan juga keluar cari makan.... ... ...

- Makin belajar, makin sadar diri ini akan ketiadaan ilmu yang dikuasai. Kecil, kerdil dibanding samudera ilmu yang sangat luas. Bagaimana lagi dengan ilmu Allah SWT, yang jika seluruh pohon dijadikan pena, dan air laut dijadikan tinta, kemudian ditambah lagi yang sebanyak itu, tidaklah kita mampu melukiskannya. SubhanaLlah, Maha Suci Engkau Ya.. Allah, masih memberi karunia keinginan dan dorongan bagi hamba untuk terus belajar, tidak berhenti di satu titik. Bantu hamba untuk tetap istiqomah-