Friday, September 29, 2006

Indonesian Super Hero : Sebuah Perbandingan

Di Inggris ada Robin Hood, Archer Knight yang jadi hero bagi mayarakat miskin yang selalu dirugikan oleh Pejabat Pemerintah dengan kewajiban pajak yang sangat tinggi. Atau King Arthur dengan Pedang Excalibur serta 7 Knight Round Table-nya.

Perancis, ada Joan of Arc; The Princess Knight. Yang mampu membangkitkan semangat tempur pasukan Perancis yang 'nyaris' menguap di bawah dominasi England Imperium. Atau Fang-fang la Tulipe, si tampan penakluk wanita yang mengangkat 'derajat' dan 'prestise' kesatuan paling 'terpinggirkan' dan 'kacangan' di Batalyon militer Perancis dengan kecerdikan dan kemahirannya menggunakan berbagai senjata.

Lain lagi di Scotlandia, daerah bekas jajahan Inggris yang melegendakan nama William Wellace. Dengan kesederhanaan dan 'dendam' akibat kemuakan pada penjajah yang merampas tanah, kemerdekaan dan istrinya mampu menggerakkan rakyat kecil 'memberontak' hingga sekutu Inggris-Perancis kelabakan.

Atau si manusia bertopeng, Zorro. Pembela kaum tertindas di Mexico, Amerika Latin sana, dari para Don atau tuan tanah.

Nah,
Di Indonesia kita punya siapa ya?

~MITOS~ Yup, coz susah dapat kaya' yang di luar sana

Adanya 'Mak Lampir', 'Angling Dharma', 'Jaka Tarub' dan lain-lain yang kesemuanya 'hebat' karena 'tenaga dalam'. Makanya bisa 'terbang', 'lenyap', atau 'berubah wujud', bahkan memiliki kendaraan 'naga' segala.

Pfiuh...jadi gregetan juga kalo dipikirkan.
Apa iya 'pahlawan' kita memang 'akrab' dengan semua yang berbau mistis?

Kita mungkin bisa saja ngeles, Ah...Robin Hood, King Arthur, Joan, Fang-fang, William Wellace atau Zorrohanyalah tokoh rekaan semata. Bisa jadi. Namun, jika dibandingkan dengan 'our hero', tokoh mereka lebih rasional kan?

Makanya sempat kepikiran,bukan hal yang aneh lagi jika hampir semua penduduk negeri ini < sangat 'kental' dengan warna 'klenik'. Lha 'super hero-nya' saja kaya' gitu.

Aaahhhh.... Kasihan bgt ya Indonesiaku...


nb : kaya'nya ilo deh yang harus jadi 'Ksatria Bertopeng'...... (hallahh.....belagu,hehehe)

syahid_lover (Muhammad Ilham)